Senin, 02 September 2019

SEGMENTASI PASAR

Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian segmentasi pasar secara umum adalah pembagian kelompok pembeli yang memiliki perbedaan kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu. Definisi segmentasi pasar juga dapat diartikan pengidentifikasian analisis perbedaan para pembeli di pasar.
Dalam teori ilmu ekonomi, segmentasi pasar menjadi salah satu instrumen penting dalam membuat dan memasarkan suatu produk. Dalam ilmu marketing atau pemasaran, peran segmentasi pasar sangat penting untuk kesuksesan suatu produk dari perusahaan tertentu.

Tujuan Segmentasi Pasar

  • Pasar menjadi lebih mudah dibedakan
  • Pelayanan menjadi lebih baik dan tepat
  • Strategi pemasaran dan promosi menjadi lebih terarah
  • Menemukan peluang baru di masyarakat
  • Desain produk menjadi lebih tepat
  • Strategi komunikasi lebih efektif dan efisien
  • Dapat mengetahui kompetitor dengan segmen yang sama
  • Evaluasi target dan rencana bisnis lebih akurat
  • Kesempatan pasar dimiliki oleh penjual atau produsen
  • Alokasi anggoran dapat disesuaikan agar lebih efisien
  • Pengaturan produk dan daya tarik pemasaran dapat direncanakan
  • Potensi penyaluran modal usaha lebih besar

Kriteria dan Dasar-Dasar Segmentasi Pasar

Ada beberapa syarat dan kriteria segmentasi pasar yang harus dipenuhi. Berikut merupakan kriteria dan dasar-dasar segmentasi pasar selengkapnya.
  • Dapat diukur (measurable), segmen pasar seperti ukuran atau daya beli harus dapat diukur dengan jelas.
  • Dapat dicapai (accesible), segmen pasar harus dapat dicapai dan dijangkau.
  • Cukup besar (substantial), segmen pasar harus terdiri dari kelompok homogen yang cukup besar dan bernilai.
  • Dapat dibedakan (differentiable), segmen pasar harus dibedakan satu sama lain dengan jelas.
  • Dapat dilaksanakan (actionable), segmen pasar harus dapat dilayani secara efektif oleh produsen.

Jenis-Jenis Segmentasi Pasar

1. Segmentasi Pasar Berdasarkan Geografi
Segmentasi pasar ini didasarkan pada letak geografisnya dan dibagi ke dalam beberapa bagian geografi seperti negara, wilayah, kota dan desa. Daerah geografi yang dipandang potensial dan menguntungkan akan menjadi target operasi perusahaan menjual produk.
2. Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi
Segmentasi pasar ini didasarkan pada kondisi demografinya. Pada segmentasi pasar ini dibagi dan diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok demografi dengan dasar pembagian usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi atau tingkat pendidikan konsumen.
3. Segmentasi Pasar Berdasarkan Psikografi
Segmentasi pasar ini didasarkan pada kondisi psikografinya. Dalam segmentasi pasar ini akan menelaah bagaimana konsumen dengan segmen demografi tertentu merespon suatu stimuli pemasaran.
4. Segmentasi Pasar Berdasarkan Sosial-Budaya/Sociocultural
Segmentasi pasar ini didasarkan pada kondisi sosial-budaya. Biasanya segmentasi pasar ini memiliki variabel seperti sosiologis (kelompok) dan antropologis (budaya) dibagi dalam segmen yang sesuai tahap pada:
  • Daur hidup keluarga
  • Kelas sosial
  • Budaya dan sub budaya
  • Lintas budaya atau segmentasi pemasaran global
5. Segmentasi Pasar Berdasarkan Hubungan Secara Ekstrim
Segmentasi pasar ini merupakan bentuk efektif segmentasi bagi penggunaan merek tertentu secara ekstrem, misalnya saja seperti:
  • Tingkat penggunaan: beda segmentasi terletak pada pengguna berat, pengguna sedang, dan pengguna ringan. Bukan pengguna sebuah produk, jasa, atau merek khusus.
  • Tingkat kesadaran: kesadaran konsumen pada produk, kesiapan membeli produk, atau apakah konsumen membutuhkan informasi tentang produk tersebut.
  • Loyalitas merek: Loyalitas konsumen pada merek dijadikan perusahaan sebagai identifikasi karakteristik konsumen di mana mereka bisa langsung menjadi pendukung promosi ke orang dengan karakteristik yang sama namun dengan populasi yang lebih besar.
6. Segmentasi Pasar Berdasarkan Situasi Penggunaan
Segmentasi pasar ini didasarkan pada suatu situasi tertnetu yang menjadi kesempatan bagi konsumen akan membeli atau mengkonsumsi suatu produk. Segmentasi ini dibuat untuk membantu perusahaan memperluas penggunaan produknya yang dijual.
7. Segmentasi Pasar Berdasarkan Benefit/Keuntungan
Segmentasi pasar ini didasarkan sesuai dengan menfaat yang dicari dari produk. Secara umum segmentasi pasar ini didasarkan pada lima keuntungan produk yang utama yakni:
  • Fungsional
  • Nilai uang
  • Manfaat sosial
  • Manfaat emosi positif
  • Manfaat emosi negatif
8. Segmentasi Pasar Hybrid/Campuran
Pada segmentasi pasar ini dibentuk berdasarkan kombinasi beberapa variabel segmen yang membentuk sebuah segmen tunggal. Misalnya adalah segmen geodemografis, sangat berguna untuk menemukan prospek terbaik bagi seorang pengiklan atau pemasar dalam menemukan kepribadian, tujuan, dan ketertarikan sesuai dengan tempat tinggal konsumen.
9. Segmentasi Pasar Berdasarkan Tingkah Laku
Pada segmentasi pasar ini dikelompokkan berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan atau reaksi pembeli terhadap suatu produk. Singkatnya segmen ini membedakan konsumen berdasarkan tingkah lakunya pada sebuah produk tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar